Methodologi Webometrics

Webometrics adalah rangking akademik terbesar Institusi Pendidikan Tinggi. Sejak tahun 2004 dan setiap enam bulan dilakukan oleh Lab Cybermetrics (Dewan Riset Nasional Spanyol, CSIC) untuk menyediakan informasi yang dapat dipercaya, multidimensional, terkini dan bermanfaat tentang kinerja universitas dari seluruh penjuru dunia.

Tujuan awal dari Peringkat ini adalah untuk mempromosikan kehadiran akademis, mendukung prakarsa Open Access untuk meningkatkan transfer pengetahuan ilmiah dan budaya secara signifikan yang dihasilkan oleh universitas ke seluruh Masyarakat. Untuk mencapai tujuan ini, publikasi peringkat adalah salah satu alat yang paling kuat dan berhasil untuk memulai dan mengkonsolidasikan proses perubahan di akademisi, meningkatkan komitmen para ilmuwan dan menyiapkan strategi jangka panjang yang sangat dibutuhkan.

Webometrics mengukur rangking institusi perguruan tinggi dengan menghitung dari beberapa indikator  yaitu presence,visibility, transparency, excellence yang mana memiliki bobot seperti tabel di bawah