Internal

 Presence

Pada bagian internal dalam meningkatkan nilai presence, ada 2 komponen yang mempengaruhi peningkatan nilai presence antara lain : kuantitas website dan kualitas konten.

a) Website Quantity

Dalam perencanaan penambahan website universitas airlangga, dapat digali potensi website yang dapat ditambahkan dan dikembangkan untuk jangka panjang. Berikut ini rekomendasi kegiatan yang bisa dilakukan oleh DSIK dan USI dalam membantu meningkatkan kualitas konten selain meningkatkan kuantitas website.

b) Content Qualitity

Hal ini dikarenakan website yang memiliki konten berkualitas, secara tidak langsung pengguna akan mensitasi/membacklink alamat situs tersebut untuk dijadikan sebagai sumber rujukan. Salah satu contoh apabila pengguna ingin mengisi konten ilmiah pada websitenya, maka pengguna akan secara tidak langsung mencari inspirasi atau ilmu di website yang bisa dijadikan sumber rujukan terhadap tulisannya.

Openness

a)  Repository Perpustakaan

Pada situs ini berisi kumpulan jurnal, ebook, skripsi, thesis, dan disertasi yang dimiliki oleh universitas airlangga. Dalam informasi tersebut merupakan hal yang paling vital diantara yang lain karena sangat dibutuhkan oleh pengguna yang senantiasa mencari ilmu dan rujukan sebagai tugas mata kuliah maupun yang lain. Dalam hal ini yang harus dilakukan oleh universitas airlangga yakni membuka (open) Lib UNAIR supaya file yang dimiliki universitas airlangga dapat di download.

b) Mengembangkan website pribadi (Instagram + Researchgate)

Mengembangkan website pribadi universitas airlangga dengan fitur tambahan yakni penggabungan antara Instagram dan researchgate dimana dari website tersebut diharapkan menarik mahasisawa maupun dosen untuk mengupload kekayaan file ilmu pengetahuan dan sharing informasi.