External

 Impact

Merupakan jumlah eksternal link yang unik (jumlah backlink) yang diterima oleh domain web universitas (inlinks) yang tertangkap oleh mesin pencari (Google). Untuk meminimalisir kesalahan dan data bisa terkoreksi dengan benar, maka Webometric mengumpulkan data jumlah link tersebut dari 2 situs yaitu Majestic SEO dan Ahrefs. Indikator hasilnya adalah penjumlahan jumlah external inlink dengan jumlah domain yang menghasilkan external inlink tersebut, kemudian dimasukkan dalam akar pangkat dua.

a)  Ternak Web

Ternak web adalah membuat website diluar direktori UNAIR, akan tetapi hak akses sepenuhnya dipegang oleh universitas airlangga. Dalam hal ini DSIK mengadakan sayembara pembuatan web gratis untuk para guru maupun web sekolah. Setelah itu diformat tiap halaman diberi link otomatis yang mengarah ke UNAIR.ac.id. Dalam hal ini penyumbang konten diserahkan kepada masing-masing guru.

b) Blogging Competition

Dengan mengadakan lomba senantiasa dapat menambah backlink untuk universitas airlangga. Salah satu contoh apabila peserta dari lomba yang diadakan banyak maka backlink maupun referring domain yang diterima universitas airlangga juga banyak. Contoh realitas yang dapat dilihat yakni pada UNAIR blogging competition. Pada program tersebut sukses menyumbang backlink sebanyak

c) Iklan atau jasa SEO (PBN)

Jasa SEO adalah adalah sebuah strategi yang paling efektif. Dengan menyewa pihak ketiga untuk menambah backlink dan referring domain. Benefit dari menyewa PBN membuat tiap website pada direktori universitas airlangga berada urutan nomer 1 search engine google selain menambah backlink pada universitas airlangga.

d) wikipedia

Membuat club wiki UNAIR untuk membantu meningkatkan excellence dengan menambah konten wiki terkait ilmu pengetahuan UNAIR. Contoh ilmu kedokteran, ilmu kesehatan, dll.

e) Mou Partnership (tukar link)

Membuat sebuah kerjasama saling tukar backlink dengan pihak universitas negeri maupun swasta di seluruh Indonesia minimial di seluruh jawa timur menjadikan jumlah backlink semakin banyak selain itu terdapat ketersinambungan antara universitas di Indonesia.

f) Event  Partnerhip

Semua event besar tahunan yang diadakan oleh universitas airlangga, dibuatkan website sendiri. Selain memudahkan masyarakat untuk mengetahui detail informasi event tersebut, juga bisa menjadi potensi untuk menambah backlink universitas airlangga

 Excellence

Merupakan jumlah artikel-artikel ilmiah publikasi perguruan tinggi yang bersangkutan yang terindeks di Scimago Institution Ranking dan di Google Scholar. Termasuk jumlah paper akademik berkualitas, yang dipublikasikan dalam jurnal yang memiliki reputasi internasional

 

a) Penguploadan jurnal mahasiswa maupun dosen ke situs penyedia keterbukaan karya ilmiah

Dengan memanfaatkan situs penyedia karya ilmiah, file dokumen yang terindeks oleh mesin pencari semakin banyak. Tentu ada beberapa penyedia situs yang digunakan untuk memberi wadah dalam membantu menyumbang peningkatan openness. Antara lain : Academia, Jstore, Scribd, Scopus, Researchgate, dll. Dalam hal ini situs tersebut memilki rating yang bagus sehingga web yang terupload disana akan secara otomatis terindeks di google scholar secara cepat.